UKM Tidak Perlu Izin Usaha

Loading

051214-UKM-1

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Untuk bisa berasing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) para pelaku usaha kecil menegah (UKM) harus berkualitas. Caranya ? Pemerintah harus memberikan dukungan melalui dorongan kebijakan perizinan usaha sehingga UKM bisa meningkatkan kualitas produknya.

” Supaya pebisnis Indonesia dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN, kita harus membuat mereka kuat dengan support policy dan pelayanan,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam Konvensi Nasional Pengawasan Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Menurut Susi saat ini perizinan membuat usaha di Indonesia sangat sulit, terutama bagi para UKM. Maka perizinan usaha bagi UKM di Indonesia sebaiknya ditiadakan. “Kenapa UKM harus bikin izin, itu tidak perlu. Masa orang mau jualan pisang harus membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)” katanya

Susi mengaku heran saat sebuah instansi menyatakan proses perizinan berlangsung lama karena kekurangan petugas. Padahal, jika tidak punya petugas yang cukup, harusnya perizinan tersebut tidak perlu melalui banyak petugas, tetapi cukup diproses oleh satu petugas saja. ” Kita itu harus melakukan sesuatu secara cepat agar masyarakat senang. Berikan saja izin usaha” kata Susi.

Menurut dia perbaikan pelayanan harus menjadi kampanye nasional seperti yang dilakukan Singapura dengan melakukan segala sesuatu dengan cepat. “Di Singapura ada smiling campaign, di Indonesia harus ada service campaign yang friendly service,” ujar Susi. (edi.s)

TAGS