Polres Klaten Harus Kenali Masyarakat

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KLATEN, (Tubas) – Seluruh anggota Polres Klaten diminta untuk setiap hari berkenalan dengan masyarakat. Dengan mengenal masyarakat, permasalahan sekecil apapun dapat diidentifikasi sejak awal, sehingga Kamtibmas tetap terjaga.

“Saya minta, para anggota kami berkenalan dengan masyarakat diterapkan,” tegas Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja dalam pengarahannya pada anggota Polres di Aula RSPD, hari Senin (30/5) lalu.

Menurut Kapolres, salah satu tugas pokok dan fungsi Polri adalah mengidentifikasi masalah. Indentifikasi masalah di masyarakat akan maksimal jika polisi selalu dekat dan mengenal masyarakat di sekitar tempatnya tinggal dan bertugas. Artinya, setiap anggota wajib menjadikan masyarakat sebagai kawan.

Pendekatan itu menurutnya merupakan inti dari program Polisi Masyarakat (Polmas) yang akan dimaksimalkan di Polres Klaten. Dengan program itu, anggota polisi diminta mengubah paradigma sebagai Polri yang lebih baik.

Kapolres menambahkan, tidak ada alasan bagi setiap anggotanya untuk tidak melaksanakan fungsi Polmas. Sebab, pada hakikatnya, semua anggota adalah polisi masyarakat. Baik dari pangkat jenderal sampai bintara, merupakan polisi masyarakat yang harus mendengar denyut nadi masyarakatnya.

Selama ini, polisi yang identik dengan Polmas hanya anggota bintara Pembina Kamtibmas (Babinkamtibmas). Padahal, semua anggota harus mampu menjadi hal yang lebih luas dari sekadar Babinkamtibmas, yakni menjadi Polmas. (supriyadi)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS