Lomba Cipta Menu dan Design Batik di Tegal

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TEGAL, (TubasMedia.Com) – Perlombaan Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) serta lomba Design Batik Tegalan, mewarnai kemeriahan Peringatan Hari Ibu ke-84 Tahun 2012 Tingkat Kabupaten Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu, baru-baru ini.

Kegiatan yang diikuti 29 peserta dari Dharma Wanita Persatuan Unit GOW, TP PKK, dan perajin Batik Tulis Tegalan yang bertujuan untuk melahirkan para pencipta motif batik dan menumbuhkan kreativitas design batik tegalan, motif-motif batik, khususnya di Kabupaten Tegal, merupakan hasil kerja sama Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tegal dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Ketahanan Pangan, serta Dekranasda Kabupaten Tegal.

Kriteria penilaian lomba yang digunakan kali ini, yaitu keaslian karya dan kreativitas, motif haruslah poci dan daun teh, kain batik berasal dari mori dengan panjang 2,7 meter dan kerapian, keserasian gambar, dan warna. Ada pun Tim Juri berasal dari SMKN 2 Adiwerna, Dekranasda, dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal.

Pihak juri mengatakan, poci dan daun teh menjadi motif wajib perlombaan kali ini, karena Kabupaten Tegal memiliki 4 perusahaan teh besar yaitu PT. Gunung Slamat, PT Gopek Cipta Utama, PT. Java Tea, dan PT Dua Burung. Dengan mengusung motif tersebut, poci dan daun teh akan menjadi ikon batik tegalan, bagi Kabupaten Tegal dan menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi sekaligus penasihat GOW Kabupaten Tegal, Dra. Supriyanti MM seusai membuka kegiatan tersebut berharap motif batik dan daun teh dapat menjadi motif khas batik tegalan Kabupaten Tegal. Supriyanti menegaskan motif batik juara I akan digunakan menjadi seragam batik tegalan bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. (christoper)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS