PT Pos Indonesia, Targetkan Raih 30 % Bisnis Kurir

Loading

Laporan: Redaksi

Pos Indonesia

Pos Indonesia

BANDUNG, (Tubas) – PT Pos Indonesia (Persero) menargetkan bisa meraih 30% pangsa pasar bisnis jasa pengantaran surat dan dokumen (kurir) pada 2015 nanti. Saat ini, pihak pos hanya menguasai 13,5%, jauh tertinggal dari kompetitor utamanya, Tiki JNE, yang menguasai sekitar 20% pangsa pasar nasional.

“Kami memang tertinggal, padahal PT Pos tadinya memonopoli bisnis mail. Ada banyak hal yang harus kami benahi dan kerjakan,” ujar Dirut Pos Indonesia I Ketut Mardjana seusai acara penyerahan bantuan mobil ambulans kepada Yayasan Bunga Kamboja, pekan lalu di Gedebage Kota Bandung.

Selain itu, kata Ketut, pihaknya akan mengembangkan perusahaan logistik yang efisien dan kompetitif. Dia menambahkan, targetnya pada 2015 perusahaan ini meraih pendapatan Rp 6,7 triliun. Pada 2010 perusahaan ini memperoleh pendapatan Rp 2,6 triliun.

Menurut Ketut, dari 2009 hingga 2010 dari hasil program penyehatan internal perusahaan telah dibukukan laba Rp 81 miliar pada 2009 dan Rp 45 miliar pada 2010. “Kecenderungan perolehan laba juga terlihat pada triwulan I di tahun 2011 yang berhasil membukukan laba sebesar Rp58 miliar,” paparnya.

Ketut juga mengharapkan, ada regulasi yang jelas mengenai struktur PT Pos Indonesia dari pemerintah sebagai perusahaan bisnis. Belum adanya regulasi yang jelas tersebut, kata Ketut, menyebabkan Public Service Obligation (PSO) PT Pos ditetapkan berdasarkan suatu keputusan yang jauh dari pengeluaran. (iwan p)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS