Ketua PGI Sebut HAM Masih Jalan di Tempat

Loading

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom mengatakan, hampir setahun penuh masa sulit akibat pandemi Covid-19, yang mendera kehidupan kita dengan ragam penderitaan dan kepiluan.

‘’Namun di balik kenyataan itu, kita patut mensyukuri penemuan vaksin, serta mendukung sepenuhnya gerakan vaksinasi yang diprogramkan pemerintah,” kata Gomar dalam refleksinya pada ibadah syukur awal tahun PGI secara virtual, Senin (4/1).

Gomar menyebut, gereja harus terus mendorong agar masyarakat tidak menjadi lengah. “Sebab sekalipun telah divaksin, upaya menjaga imunitas dan menerapkan protokol kesehatan harus menjadi habitus baru, karena bagaimanapun, virus corona yang kita hadapi, yang adalah juga makhluk hidup, akan terus berjuang hidup dan akan senantiasa menjegal kita bila tidak waspada,” ujar dia.

“Selain pandemi, kita juga berhadapan dengan masalah sosio-politik yang menuntut peran profetis kita sebagai gereja. Salah satu masalah laten yang hingga kini masih kita hadapi adalah korupsi, yang menjadikan sebagian besar masyarakat kita tetap terpuruk dalam lembah kemiskinan,” tambah Gomar.

Dalam perspektif gereja, menurut Gomar, korupsi bukan hanya masalah penyelewengan untuk keuntungan pribadi, tetapi terutama adalah kerusakan atau kebobrokan integritas, atau moral, yakni kebobrokan moral manusia yang tidak mampu mewujudkan dirinya sebagai gambar Allah.

“Masalah korupsi ini tidak bisa dilepaskan dari budaya dan sistem perpolitikan kita yang masih carut marut. Di samping minimnya etika politik, kita menyaksikan betapa mahalnya biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk mengikuti kontestasi Pemilu, baik Pileg, Pilpres maupun Pilkada. Maraknya politik transaksional telah menyuburkan praktek korupsi. Akibatnya lembaga-lembaga demokrasi yang mestinya menjaga kepentingan masyarakat banyak, malah terus menerus menggerus kekayaan negeri ini untuk kepentingan pribadi dan kelompok,” urai dia.

Disunat

“Korupsi itu pun tidak mengenal waktu atau keadaan, bahkan terhadap masyarakat yang menderita akibat pandemi Covid-19 ini, bantuan sosial yang menjadi haknya juga tidak luput disunat,” imbuh Gomar.

Menurut Gomar, pemajuan HAM yang menjadi tumpuan dan harapan masyarakat sepertinya masih jalan di tempat. Berbagai pelanggaran HAM masa lampau belum satupun yang disentuh selama 2020, termasuk masalah Papua yang masih terus bersimbah darah.

“Kasus-kasus kekerasan dan pelanggaran HAM di Papua bagaikan penorehan pada luka-luka lama yang masih bernanah seperti terbunuhnya Pdt Yeremia Zanambani dan beberapa pendeta dan katekis,” tegas dia.

Masalah radikalisasi dan terorisme juga masih terus membayangi perjalanan bangsa ini. Gugatan atas Pancasila sebagai dasar bersama sebagai bangsa masih terus terjadi oleh sekelompok orang. Penyebaran ujar kebencian, pola hidup sektarian dan aksi intoleran seolah menjadi keseharian, yang mengancam sendi-sendi kehidupan bersama sebagai masyarakat majemuk.

“Pembiaran terhadap fenomena ini serta kecenderungan imunitas terhadap para pelaku yang mengatasnamakan agama bukan tidak mungkin akan berujung pada radikalisme dan terorisme, sebagaimana tampak dalam aksi-aksi teroris yang menelan beberapa korban jiwa di Sulteng,” beber dia.

Aksi-aksi intoleran seperti inilah, ujar Gomar, yang dihadapi sejumlah umat beragama di Indonesia seperti Ahmadyah, Shiah, serta agama-agama lokal yang sulit memperjuangkan hak-hak sipil mereka. Demikian juga kesulitan yang dialami sebagian warga gereja dalam menjalankan kebebasannya beribadah, khususnya untuk memperoleh izin mendirikan rumah ibadah.

Sementara itu, masih lemahnya hak-hak masyarakat adat berhadapan dengan korporasi sebagaimana terlihat pada kasus masyarakat adat Laman Kinipan berhadapan dengan PT SML di Kalteng atau masyarakat Dairi berhadapan dengan PT DMP di Sumut, dan lain-lain.

“Dalam banyak kasus kita melihat kurang hadirnya negara melindungi masyarakat, bahkan terkesan membela kepentingan korporasi hingga terjadinya beberapa kriminalisasi terhadap aktivis dan pembela masyarakat adat,” tuturnya.

“Kita boleh bersyukur bahwa menghadapi ragam permasalahan tersebut, gereja-gereja kita di Indonesia telah membuktikan kehadirannya sebagai umat yang Tuhan utus di bumi Indonesia untuk menjadi garam dan terang,” tambah Gomar.

Keterlibatan gereja, lanjut Gomar, dalam meresponi keprihatinan tersebut dan aktivitas mengadvokasi kasus yang ada di sekitarnya, semakin bertumbuh.

“Gereja-gereja di Indonesia telah membuktikan diri sebagai gereja yang keluar dari kenyamanannya, melewati batas-batas primordial untuk ada bersama masyarakat yang terpinggirkan dan terlupakan,” kata dia.

Tentu, ujar Gomar, tidak semua respons dan perjuangan gereja berhasil dan menyenangkan hati setiap orang. Namun demikian itu bukan alasan bagi gereja untuk berhenti berjuang hingga di sini. Tahun 2020 boleh berlalu dengan segala permasalahannya, selanjutnya gereja-gereja akan terus menyuarakan suara-suara dari pinggiran sembari memikul salib yang dipercayakan padanya.

“Sekarang kita memasuki 2021, di tengah ketidakpastian kapan pandemi dan dampak buruknya akan berakhir. Satu hal yang pasti, pengasihan Tuhan kepada kita tidak akan pernah surut, dalam kesulitan yang bagaimana pun beratnya ketika menjalani 2021 ini. Janji penyertaan-Nya-lah yang senantiasa kita pegang di tengah misteri, badai dan gelombang kehidupan; bahwa Ia tidak pernah sekalipun meninggalkan anak-anak-Nya hingga akhir zaman (Matius 28:20b). Ia akan terus menyertai kita, Imanuel,” tegas dia.

Oleh karenanya, kata Gomar, sekalipun pandemi Covid-19 masih terus membayangi perjalanan sebagai gereja, demikian pula berbagai persoalan sosial, politik dan ekonomi yang suatu waktu dapat menyulitkan, tidak harus menjadi pesimis. Sebaliknya, hal tersebut juga perlu dilihat sebagai momentum untuk melantangkan cinta kasih.

“Dalam gerakan melantangkan cinta-kasih inilah gereja harus terus mengumandangkan semangat dan menumbuhkan harapan, agar pandemi ini tidak berubah menjadi pandemi keputus-asaan. Gereja-gereja diajak pula untuk semakin bersatu hati dalam arakan oikumene merespons fenomena-fenomena kehidupan, baik di tengah bangsa, maupun di seluruh dunia,” papar dia.(sabar)

CATEGORIES
TAGS