Antisipasi Kebutuhan Pokok Menyambut Lebaran

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURWOREJO, (Tubas) – Menjelang hari raya Lebaran, Natal dan Tahun Baru, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Purworejo, mengantisipasi kebutuhan pokok masyarakat. Tujuannya untuk kelancaran distribusi, tersedianya kebutuhan pokok masyarakat dalam jumlah yang cukup, serta tingkat harga dalam batas kewajaran yang terjangkau daya beli masyarakat.

Laporan dari Dinas Perindagkop Kabupeten Purworejo tentang kebutuhan pokok, beras untuk hari Lebaran cukup tersedia, jumlah yang tercatat sebesar 2.687.39 ton. Stok di Bulog 2.269.39 ton per tanggal 19 Juli 2011, cukup untuk dua bulan ke depan, khususnya raskin. Stok beras dari distributor 418 ton.

Gula pasir stok saat ini tercatat 50 ton untuk kebutuhan hari Lebaran sampai Tahun Baru cukup. Tersedia stok minyak curah 10 ton dan minyak kemasan 1.000 sampai 2.000 karton untuk stok kebutuhan bulan Ramadhan dan Lebaran. Stok tepung terigu cukup tersedia 5 sampai dengan 10 ton untuk 3 sampai dengan 7 hari.

Untuk daging sapi, daging ayam, telor ayam, ketersediaan kebutuhan cukup pada bulan Ramadhan dan Lebaran dari hasil survei Pasar Kutoarjo dan Purworejo. Dinas Perindagkop Kabupeten Purworejo melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu melaksankan monitoring harga kebutuhan pokok setiap hari Senin dan Kamis di beberapa pasar, melakukan sosialisasi kepada masyaraat agar tidak melakukan pembelian secara berlebihan dan mengimbau semua distributor dan swalayan agar menaikkan persediaan barang sekitar 25 %-30% dari stok normal. (beni)

CATEGORIES
TAGS