2015, Harga Tahu dan Tempe Naik

Loading

menkop-ukmjpg

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Mulai awal tahun 2015 harga tahu diperkirakan akan naik 10 persen, kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah. Apa alasanya ?

Menurutnya Euis kenaikan tersebut seiring dengan naiknya bahan kedelai dan efek dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). “Harga tempe dan tahu pasti naik. Saat ini sedang ditahan karena menjelang perayaan natal dan tahun baru. Jadi harga tidak dinaikkan tapi ukurannya diperkecil setelah itu akan naik.

“ Kedelai diperkirakan naik 7 persen, otomatis tahu tempe naik 10 persen karena faktornya bensin juga,” katanya Kemenperin, Jakarta, awal pekan ini.

Menurut Euis hal itu akan menjadi perhatian Kemenperin membantu IKM yang terjun diranah terkait. Bantuan yang diberikan berupa alat-alat mesin guna mendorong kapasitas produksinya.

Mmasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 di Batam ada 15 pengrajin tempe yang menjual produknya ke Singapura. Tempe berhasil menggeser makanana cemilan mereka. “Pemerintah Singapura tertarik untuk mempelajari tempe dan ini harus mendapat perhatian” katyanya. (edi s)

TAGS