Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Pendidikan Rp 25 M

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TEMANGGUNG, (Tubas) – Demi kemajuan pendidikan di Indonesia, banyak cara dilakukan pemerintah dengan kerja sama berbagai instansi. Salah satu upaya untuk kemajuan pendidikan di wilayah Temanggung adalah kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan yang bersumber dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 25 miliar, masih ditambah lagi dengan dana pendampingan dari APBD II sebesar Rp 2,5 miliar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Temanggung, Sudiyono menjelaskan dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan sekolah dasar (SD) sebesar Rp 22,3 miliar, sedangkan sisanya untuk SMP. Untuk SD dana dialokasikan dengan persentase 65 % untuk kegiatan fisik, sedangkan sisanya untuk pengembangan mutu sekolah. Hal ini dikarenakan di wilayah Temanggung masih banyak bangunan sekolah dasar yang rusak dan kurang memenuhi standar. Sedangkan untuk SMP persentase dibagi menjadi 50:50 karena bangunan sekolah SMP dipandang sudah baik.

Secara garis besar dana pembangunan fisik sekolah tersebut diutamakan untuk perbaikan ruang kelas, perpustakaan dan perbaikan bangunan lain yang dipandang perlu. Sedangkan dana pengembangan mutu diutamakan untuk pengadaan buku, alat laboratorium dan alat peraga yang dibutuhkan. Meskipun demikian, Sudiyono mengatakan harus bersabar sampai tahun depan dikarenakan Petunjuk Teknis pelaksanaan program tersebut baru ditetapkan oleh Pemerintah Pusat 22 Juli lalu. Program ini tidak mungkin dilaksanakan tahun ini, dikarenakan masih banyaknya proses yang dilalui sebelum diterimakan ke daerah.

Sudiyono juga mengatakan untuk saat ini terdapat aturan baru untuk penerbitan Petunjuk Teknis, yakni harus seizin Komisi IX DPR RI. Saat ini pelaksanaan DAK 2011 tersebut masih dalam proses pengajuan proposal oleh sekolah dan UPT, yang nantinya akan diadakan verifikasi oleh tim yang terdiri dari Dinas Pendidikan, DPU, Dewan Pendidikan dan pihak terkait lainnya. (fartina s)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS