Tanggap Darurat Erupsi Merapi Segera Selesaikan

Loading

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

YOGYAKARTA, (Tubas) – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap pemerintah konsisten bisa menyelesaikan masa tanggap darurat bencana erupsi Merapi pada akhir April 2011. Setelah itu Sri Sultan berharap juga agar pemerintah bisa melanjutkannya dengan menetapkan status tanggap darurat untuk bencana lahar dingin Merapi.

Berbicara tentang masalah tanggap darurat erupsi Merapi itu di Yogyakarta, Kamis (5/5), Sri Sultan menyatakan bila tanggap darurat erupsi Merapi sudah selesai, maka bisa segera dilanjutkan dengan pembahasan tentang recovery dan rekonstruksi. Di samping dapat pula dilanjutkan dengan tanggap darurat untuk lahar dingin. “Perkara masih ada lahar dingin, silahkan pemerintah per 1 Mei mengeluarkan tanggap darurat lagi untuk lahar dingin Merapi,” ujarnya.

Ditandaskan Sri Sultan, bila masa tanggap darurat untuk erupsi Merapi tidak segera diselesaikan sesuai rencana akhir April 2011, bisa berakibat tidak dapat dijalankannya penanganan recovery. Padahal dewasa ini para korban bencana sangat memerlukan perbaikan ekonomi baik di bidang pertanian, perdagangan dan lainnya.

Dengan selesainya masa tanggap darurat erupsi Merapi, menurut Sri Sultan, maka departemen-departemen teknis yang sudah melakukan alokasi anggaran di APBN untuk penanganannya bisa segera merealisasikannya. Hal itu bisa mempercepat dilakukannya penanangan terhadap masyarakat yang terkena bencana tersebut. (s eka ardhana)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS