Tanah Longsor Menutup Akses Jalan Umum

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Tiga titik longsoran tanah bukit menutup badan jalan Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengakibatkan akses jalan tersebut tidak dapat dilintasi kendaraan bermotor.

Tokoh masyarakat setempat, Hobar, Senin mengatakan longsoran bukit Kampung Nusalaksana tersebut terjadi saat hujan deras, Minggu (26/5) pekan lalu. “Hujan besar yang terjadi tadi malam mengakibatkan longsor dan menutupi seluruh jalan sehingga tidak bisa dilewati mobil,” katanya.

Jalan Leuwiliang merupakan akses jalan menghubungkan kelurahan lainnya yakni Kelurahan Cibeuti dan Kelurahan Air Tanjung serta ke jalan raya menuju Kota Tasikmalaya.

Kendaraan roda empat, kata Hobar terpaksa harus memutar arah, sedangkan sepeda motor masih bisa melintas di pinggiran jalan yang hanya terkena sedikit longsoran. “Motor yang memaksakan melintas harus hati-hati, bahkan di satu titik longsor, motor harus diangkat karena ada pohon kelapa yang tumbang menutup jalan,” katanya.

Selain menutup badan jalan, longsor juga menutup saluran air sehingga air meluap dan masuk rumah warga. Salah satu rumah warga yang berada dekat dengan saluran air itu jebol bagian dinding tembok belakang rumah. Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri saat tembok rumah ambrol, namun sejumlah barang dalam rumah terbawa hanyut. (red/sis)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS