Lima Tahun Lagi Depok Macet Total

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

DEPOK, (tubasmedia.com) – Pesatnya perkembangan beragam sentra bisnis pada pusat Kota Depok Jawa Barat, serta minimnya sarana ruas jalan penghubung menuju Jakarta, akhirnya berimbas pada kemacetan. Akibatnya diprediksi pada lima tahun ke depan, arus lalu lintas di Depok akan macet total.

Sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan Jakarta, pertumbuhan pembangunan di Depok tergolong cukup pesat. Hingga tidak jarang timbulkan kemacetan parah pada wilayah Margonda. “Jangan sampai Depok jadi kota macet karena kurang perencanaan. Terlebih jika tidak segera ditangani, rentang waktu lima tahun kedepan, Depok akan macet total,” kata Ketua DPRD Depok periode 2009 – 2014, Rintis Yanto dalam acara pelantikan anggota dewan terpilih, di gedung DPRD.

Pengamat perkotaan, Marca Kusumawijaya menilai, Depok dalam tataran realita telah mengalami diskoneksi (keterputusan) dengan sumber-sumber daya yang dimiliki. Kota ini terlalu berorientasi pada Jakarta, namun abai mengelola potensi yang justeru bisa dijadikan nilai tambah.

Dalam kesempatan lain, Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il mengakui adanya kemacetan yang merupakan salah satu persoalan tidak kunjung usai melanda kota yang selama kurun waktu sepuluh tahun dipimpinnya. Masih tertundanya pelaksanaan pelebaran sejumlah ruas persimpangan jalan, merupakan bagian dari kendala atasi kemacetan.

Untuk itu, dengan keberadaan Dewan baru, persoalan tersebut diharapkan bisa segera teratasi. Katanya

Tidak hanya di jalan Margonda, persoalan yang sama juga terjadi pada sejumlah ruas jalan utama menuju kawasan Margonda, dan Jakarta. Bahkan, sebagai jalur alternatif yang tergolong baru terbangun, Jalan raya Juanda juga kerap tidak luput dari kemacetan, terutama terjadi pada saat hari libur. (bay)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS