Gunungputri Rawan Longsor

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Bukit Gunungputri di Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah rawan longsor. Sedikitnya 60 KK (Kepala Keluarga) warga RT 02/8 Dusun Sumingkir, Desa Bantarbarang terancam. Saat musim hujan warga merasa khawatir karena Bukit Gunungputri disisi atas pemukiman mereka sewaktu-waktu bisa longsor. Empat bulan lalu longsor sepanjang 30 meter dengan kedalaman lima meter menimpa rumah salah seorang warga yang berada di lereng bukit.

Kades Bantarbarang, Ludjeng AS mengakui adanya ancaman longsor yang sewaktu-waktu bisa menimbun rumah warga. Namun warga tetap betah tinggal di dusunnya. “Kami pernah berupaya untuk merelokasi, namun warga tidak mau” kata Ludjeng, pekan lalu.

Setelah terjadi longsor yang menimpa rumah, warga berupaya mengatasinya dengan membuat pengaman menggunakan bambu. Namun, upaya itu tidak berhasil. Akhirnya warga meminta bantuan Pemkab Purbalingga membangun bronjong untuk menahan longsor susulan. “Usulan kami sudah direalisasi dan saat ini tengah kami kerjakan. Pekan depan, juga ada bantuan tenaga dari taruna Akademi Militer yang melakukan bakti sosial dan akan membantu pembuatan bronjong itu,” katanya.

Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko meminta warga selalu waspada karena tinggal di wilayah lereng yang sewaktu-waktu bisa mengancam jiwa. “Pemkab bekerjasama dengan Kodim 0702 dan Akmil Magelang, akan membantu membuat bronjong penahan longsor di pemukiman warga. Mudah-mudahan, bronjong tersebut bisa mengamankan wilayah dusun Sumingkir dari Longsor,” harapnya. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS