Dipersulit, Pengembangan Industri di Pulau Jawa

Loading

Laporan: Redaksi

MS Hidayat

Menteri Perindustrian MS Hidayat

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan pengembangan industri akan diperluas ke seluruh wilayah Indonesia. Salah satu cara melakukannya adalah mempersulit permohonan pembebasan pajak (tax holiday) kepada perusahaan yang melakukan ekspansi di Jawa.

Dia menyatakan tax holiday bakal mudah diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen melebarkan sayap ke pulau-pulau lain yang selama ini masih belum memiliki basis industri memadai.

“Kalau mereka lakukan ekspansi di luar Jawa saya pastikan bisa dapat tax holiday. Cuma kalau minta di Jawa tapi minta tax holiday prosesnya akan berat,” ujar Hidayat di Jakarta.

Hidayat tidak ingin penumpukan industri di Jawa menyebabkan ketimpangan pembangunan. “Kita mau spread out investasi industri itu di luar jawa. Supaya bisa membagi aktivitas investasi dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Kementerian Perindustrian juga mengumumkan adanya ekspansi empat perusahaan di akhir tahun ini yang bernilai US$ 1 miliar. Kebanyakan dari sektor manufaktur, termasuk pemasok alat berat Caterpillar.

“Saat ini masih fokus di perizinan, salah satunya Caterpillar, akhir tahun ini mulai peningkatan kapasitas produksinya,” kata Hidayat. (sabar)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS